Gate NPCT One alami Trouble Baca TID, Pengusaha Angkutan Kontainer Merugi

Photo: Ingkari M Zen Pengusaha Angkutan Kontainer

Terminal petikemas New Priok Container Terminal One (NPCT.1) Tanjung Priok diimbau agar mencarikan solusi supaya perusahaan angkutan kontainer (trailer) tidak dirugikan akibat sistem Gate terminal setempat sering mengalami trouble dalam membaca kartu TID (Truck Identification Data ).

Imbuan itu disampaikan Ketum DPP Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Gemilang Tarigan dalam percakapan dengan Indonesia Shipping Gazette (ISG) , Rabu (18/9/2019).

Tarigan mengatakan Aptrindo minta agar kegagalan sistem pada Gate NPCT One membaca TID jangan merugikan angkutan. “Kita minta dicarikan solusi misalnya dilayani secara manual bagi trailer yang sudah terlanjur mau masuk tapi gagal karena sistem pada Gate mengalami trouble membaca TID.”

Sebuah sumber menyebutkan Aptrindo DKI banyak menerima laporan/keluhan dari anggota yang gagal masuk ke NPCT One karena Gate error. Mereka terpaksa kembali mencari kendaraan yang TID nya bisa diakses Gate.

Kondisi ini sangat merugikan karena pengusaha angkutan kontainer harus mengeluarkan lagi biaya operasional.

Ingkari M Zen, pengusaha angkutan kontainer mengakui belakangan ini kendaraannya mengalami kesulitan untuk mengantar atau mengambil kontainer di Terminal Petikemas NPCT.1. Karena Gate NPCT One tidak bisa membaca TID umumnya yang dikeluarkan Terminal Petikemas Jakarta International Container Terminaln (JICT).

“Kita mengharapkan jika tak bisa dilayani melalui gate automatis bisa dilayani secara manual. Tapi petugas NPCT One menolak. Mereka menyuruh sopir kembali lagi membawa kendaraan lain yang TID nya bisa diakses. Kita rugi dong harus menyiapkan lagi biaya operasional,” tegas Ingkari.

Menurut informasi yang dihimpun ISG, selama ini akses keluar masuk ke NPCT One selain menggunakan TID yang dikeluarkan oleh NPCT One juga bisa menggunakan TID yang dikeluarkan JICT.

Tapi sejak ada rencana Pelindo II menerapkan Single TID untuk akses kendaraan angkutan barang masuk ke semua Pelabuhan di bawah Pelindo II, TID yang dikeluarkan JICT sulit diakses oleh Gate NPCT One. “Kayaknya masing masing terminal punya kepentingan sendiri sendiri untuk mengamankan TID-nya,” ujar sebuah sumber.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *