Hamburg Süd Mulai Berlakukan Surcharge Bahan Bakar Per 1 Desember

Perusahaan pelayaran global, Hamburg Süd akan memberlakukan pengenaan tarif tambahan (surcharge) atau yang dikenal dengan istilah ‘Environmental Fuel Fee’ (EFF) per 1 Desember.

Surcharge tersebut dipungut untuk mengantisipasi kenaikan biaya bunker/bahan bakar menyusul dikeluarkannya aturan IMO (International Maritime Organization) terkait pengurangan kandungan sulfur dalam bahan bakar kapal, kendati aturan tersebut baru berlaku awal tahun depan (1 Januari 2020).

Menurut keterangan yang dikeluarkan perusahaan tersebut, EFF yang rencananya mulai dipungut awal bulan depan tersebut akan dipakai untuk menutup berbagai potensi biaya tambahan yang timbul dari penerapan aturan tersebut.

Surcharge akan dihitung berdasarkan selisih harga antara bahan bakar dengan kandungan sulfur tertinggi dan terendah. Menurut Hamburg Süd, selisih harga saat ini kurang lebih sebesar 193,08 USD/ton.

Sebelumnya, sejumlah perusahaan pelayaran global telah mengumumkan hal yang sama, antara lain, Maersk, MSC, dan Hapag-Lloyd.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *