Kerugian HMM Mengecil Berkat Rasionalisasi Jaringan dan Optimalisasi Utilisasi Tanker

Tingkat kerugian yang dialami Perusahaan pelayaran terbesar di Korea Selatan, Hyundai Merchant Marine (HMM), terus mengecil pada tahun 2019. Hal tersebut terbantu oleh peningkatan pendapatan dari market dan sales perusahaan tersebut.

Menurut laporan keuangannya, kerugian perusahaan tersebut pada tahun lalu (2019) mencapai KRW 592 miliar (USD 501 juta), lebih kecil dari kerugian tahun sebelumnya (2018) yang mencapai KRW 790 miliar.

Kerugian operasional juga menurun menjadi KRW 304 miliar pada 2019 dari KRW 558,6 miliar pada tahun 2018. Sementara itu, pendapatan usaha mencapai KRW 5,51 triliun, naik 5,6 persen dari tahun 2018.

Dilansir dari Kantor Berita Korea Selatan, Yonhap, perusahaan shipping HMM telah terperosok dalam kerugian operasional sejak kuartal kedua 2015. Kinerja HMM membaik pada tahun 2019 berkat rasionalisasi jaringan layanannya serta optimalisasi utilisasi lima super tanker minyak mentah baru.

HMM sangat optimis tahun ini bisa meraih laba positif (keuntungan). Sejumlah strategi yang diambil diharapkan bisa mewujudkan hal tersebut. Pengoperasian kapal-kapal mega-containership serta kerja sama baru dengan THE Alliance diharapkan bisa membantu hal tersebut.

HMM mengatakan akan terus mempertahankan daya saing globalnya melalui peningkatan efisiensi operasional, memperkuat upaya penghematan biaya, dan membangun solusi yang berorientasi pelanggan.

HMM akan segera meluncurkan 12 kapal kontainernya yang berkapasitas 24.000 TEU akan beroperasi mulai April pada rute yang menghubungkan Asia dan Eropa.

Pada bulan April, perusahaan perkapalan akan bergabung dengan THE Alliance, salah satu dari tiga aliansi pelayaran top dunia bersama dengan 2M Alliance dan Ocean Alliance. Sebelumnya, HMM tergabung sebagai mitra strategis untuk 2M Alliance yang dioperasikan oleh Maersk Line dan Mediterranean Shipping Company (MSC) sejak April 2017, tetapi kemitraan mereka akan berakhir pada bulan Maret.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *