Mengejutkan! THE Alliance Hidupkan Lagi Dua Layanan Tranpasifik yang Sempat Di-cancel

Aliansi pelayaran THE Alliance yang beranggotakan Hapag Lloyd, ONE, dan Yang Ming baru saja mengumumkan untuk menghidupkan kembali dua jadwal pelayaran Transpasifik karena adanya peningkatan volume. Ini tentu menjadi berita yang sangat mengejutkan dan menggembirakan mengingat sebelumnya, hampir semua pelayaran, termasuk anggota THE Alliance, melakukan pengurangan jadwal pelayaran untuk mengantisipasi pengurangan volume di tengah merebaknya coronavirus (covid-19).

Dua jadwal pelayaran THE Alliance yang akan dihidupkan tersebut termasuk keberangkatan Kapal YM Mandate (6,572 TEU) yang dijadwalkan berangkat dari China pada 29 Mei dan tiba di Pelabuhan Los Angeles pada 16 Juni. Dan yang kedua adalah keberangkatan kapal Seaspan Brightness berkapasitas 10,000 TEU pada 25 Mei dan akan tiba di Pelabuhan Los Angeles pada 10 Juni.

Menurut Nerijus Poskus, Kepala Divisi Ocean Freight di Flexport, sebagaimana dikutip New York’s FreightWaves, hampir semua kapal yang saat ini melayani rute Transpasifik memiliki tingkat load factor yang tinggi, bahkan kelebihan, sehingga sejumlah kargo terpaksa tertunda pada jadwal keberangkatan berikutnya.

Jika permintaan (demand) tetap besar dan melampaui supply yang tersedia, maka freight rate (tariff) diperkirakan akan semakin bagus (naik) untuk beberapa saat ke depan.

Menurut data Freightos Baltic Index, spot rates dari China ke Amerika (US West Coast) pada periode 28 Februari – 21 Mei meningkat 33% dari tahun lalu dan 20% lebih tinggi dari rata-rata pada tiga tahun sebelumnya.

Kendati demikian, sebagian besar perusahaan pelayaran memperkirakan volume akan menurun cukup tajam selama kuartal kedua (April-Juni) 2020. Perusahaan global terbesar Maersk Line misalnya memperkirakan volume akan turun 20-25% selama April-Mei, sementara kondisi pasar pada kuartal ketiga (Juli-September) belum bisa diprediksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *